Bank

Posted on : March 7, 2016 | post in : TEORI PEMASARAN |Leave a reply |

Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang Perbankan, Bank adalah badan usahan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan menyalurkan dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.. Secara rinci dalam Undang-Undang tersebut bank dan jenisnya diartikan sebagai berikut :

  1. Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahannya.
  2. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau dalam bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak.
  3. Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syari`ah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
  4. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syari`ah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Sementara itu, Kasmir (2011:26) mengemukakan bahwa perbankan adalah segala bentuk aktivitas bank dan kegiatan jasa-jasa bank dalam mendukung kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat luas. Keberhasilan bank dalam rangka melakukan penghimpunan dana sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain:

  1. Kepercayaan masyarakat kepada suatu bank. Tingkat kepercayaan ini tergantung dan sangat dipengaruhi oleh kinerja bank yang bersangkutan.
  2. Perkiraan pendapatan yang akan diterima oleh penyimpan dana dibandingkan dengan alternatif investasi lain dengan tingkat risiko yang sama.
  3. Keamanan atau jaminan terhadap dana masyarakat yang disimpan di bank tersebut. Ketepatan waktu pengembalian simpanan masyarakat.
  4. Pelayanan yang lebih cepat dan fleksibel.
  5. Pengelolaan dana masyarakat yang ada di bank tersebut dengan hati-hati.

Produk Perbankan yang berkaitan dengan penyaluran dana atau disebut juga produk  asset adalah kredit. Jenis kredit yang disalurkan bank antara lain;  kredit investasi, kredit modal kerja, kredit konsumsi dan credit card.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme Designed Bymarksitbd